Cara Mendapatkan Nilai Dalam Pertandingan Pencak Silat

Posted on

Cara Mendapatkan Nilai Dalam Pertandingan Pencak Silat – Pencak silat adalah jenis beladiri dari luhur yang di ajarkan di Indonesia. Pencak silat memang populer di kalangan anak remaja bahkan orang tua. Tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara juga sudah banyak di ajarkan pencak silat. Melalui pencak silat juga banyak pemuda negeri ini melawan kala di jaman penjajahan.

Seiring perkembangan zaman kini pencak silat telah di pertandingkan. Bukan hanya pon sekelas nasional bahkan sudah ada di sea games juga Asian games. Kebanggaan tersendiri bagi rakyat negeri ini. Pada sebenarnya pencak silat adalah gerakan seni yang bercampur dengan gerakan Serangan maupun bertahan. Kekuatan juga kecepatan menjadi kunci tersendiri bagi pencak silat.

Pertandingan silat
Cara Mendapatkan Nilai Dalam Pertandingan Pencak Silat

Kini pencak silat telah di pertandingkan di kejuaraan-kejuaraan even nasional bahkan internasional. Namun kita sendiri sebagai bangsa lahirnya pencak silat kadang tidak tau bagaimana penilaian dalam pencak silat. Dari beberapa serangan dalam pencak silat memiliki nilai-nilai tersendiri. Jika anda memahami nilai maka anda juga tahu kapan anda menyerang ataupun bertahan.

Bermain dengan strategi adalah kunci agar kita bisa menjadi juara dalam kejuaraan pencak silat. Berikut adalah agar kita bisa mendapatkan nilai dalam pertandingan dalam pencak silat. Ini pertandingan dalam laga atau bertarung.

1. Nilai 1 untuk serangan tangan yang masuk ke Medan sasaran dan tidak terhalang oleh tangkisan, elakan, atau hindarkan
2. Nilai 1+1 untuk tangkisan, elakan, atau hindarkan yang berhasil mematahkan serangan lawan dan.  disusul dengan serangan tangan yang berhasil masuk ke sasaran
3. Nilai 2 untuk serangan kaki yang masuk ke Medan sasaran dan tidak terhalang oleh tangkisan, elakan, atau hindarkan
4. Nilai 1+2 untuk tangkisan, elakan, atau hindarkan yang berhasil mematahkan serangan lawan dan.  disusul dengan serangan kaki yang berhasil masuk ke sasaran
5. Nilai 3 untuk serangan jatuhan yang berhasil menjatuhkan lawan
6. Nilai 1+3 untuk tangkisan, elakan, atau hindarkan yang berhasil mematahkan serangan lawan yang disusul dengan teknik menjatuhkan lawan.

Itu adalah cara penilaian dalam kejuaraan laga pencak silat. Bermainlah dalam keunggulan menyerang dan bertahan dalam kecepatan. Karena sesungguhnya keindahan bertahan dan juga menyerang adalah nilai sesungguhnya pencak silat. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Saya Kaum Milenial yang suka main game. Bahkan menjadi keseharian. Mengenal blog dan mulai menulis tahun 2009 Namun Berhenti pada tahun 2013. Kini memulai kembali di tahun 2019.