Cara Menggunakan Vlookup Dengan Mudah di Microsoft Excel

Posted on
Di dalam Microsoft Excel banyak terdapat rumus-rumus yang wajib diketahui oleh para penggunanya. Terlebih bagi Anda yang kesehariannya bekerja menggunakan Excel maka perlu menerapkannya supaya pekerjaan lebih cepat selesai. Rumus di dalam Excel pun tidak bisa diterapkan dengan sembarang cara, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan tergolong sulit. 
Namun, jika Anda sudah sering menggunakannya maka akan sangat cepat dalam pengaplikasiannya.
Salah satu rumus di dalam Microsoft Excel yang keberadaannya cukup penting adalah Vlookup. Vlookup masih merupakan bagian dari fungsi Lookup serta Hlookup, Match, dan Index. Ia berfungsi sebagai pencari nilai pada suatu kumpulan data atau tabel yang kemudian dijadikan acuan untuk memanggil nilai yang ada di kolom lain pada tabel yang sama. Vlookup bekerja dengan cara membaca urutan pada kolom vertikal yang diinginkan.
Rumus ini merupakan rumus dasar penggunaan Excel, jadi siapapun orangnya dan apa tujuannya setidaknya harus sudah mengetahui Vlookup. Rumus Vlookup biasa dijadikan solusi ketika dalam kondisi kesulitan menggunakan fungsi 1F. Fungsi Vlookup dapat mengantisipasi kelemahan fungsi dari 1F melalui kegunaan yang dimilikinya.
Selain itu, adapun cara penulisan rumus Vlookup yang benar adalah sebagai berikut :
Format Penulisan Rumus Vlookup Yang Benar
Syntax =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Keterangan :
  • VLOOKUP : suatu fungsi untuk mengambil data secara vertikal.
  • Lookup_value : nilai yang digunakan untuk mencari suatu data.
  • Table_array :  tabel atau range yang hendak diambil datanya.
  • Col_index_num : nomor kolom yang ada pada tabel dan akan diambil nilainya.
  • Range_lookup : Nilai yang berniali true “1” atau false “0”.
Setelah mengetahui cara penulisan fungsi Vlookup yang benar, maka selanjutnya Anda perlu menerapkannya ke dalam Excel. Langsung saja simak ulasan di bawah yang membahas cara menggunakan Vlookup.

Cara Menggunakan Vlookup di Excel

Dalam penggunaannya harus disertai tips untuk mempermudah melakukannya serta meminimalisir terjadinya kesalahan. Berikut adalah langkah menggunakan Vlookup pada Excel yang telah dirangkum ke poin-poin pentingnya saja :
  1. Letakkan pointer di cell “J24”.
  2. Lalu tuliskan formula =VLOOKUP(
  3. Setelah itu masukkan value “I24” yang menjadi referensi untuk dicocokkan dengan kolom golongan pada tabel array.
  4. Selanjutnya blok tabel array C24:E26 supaya saat diabsolutkan menggunakan F4 sehingga referensinya menjadi$C$24:$E$26.
  5. Isi kolom yang diinginkan dengan column_index_number, tuliskan juga angka sesuai urutan kolomnya.
  6. Berikutnya, pakai range_lookup dengan tipe false atau 0.
  7. Setelah itu tekan enter untuk menjalankan rumusnya, untuk cell bagian bawahnya Anda bisa melakukan copy paste. Jika penerapannya benar, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
Setelah mengetahui cara menggunakan rumus Vlookup pada Excel, kebanyakan orang sering mengalami kesalahan. Baik berupa datanya yang menjadi tidak benar atau salah dalam memasukkan formulanya. Untuk itu, berikutnya akan dibahas macam-macam kesalahan penerapan fungsi Vlookup yang diharapkan dapat untuk Anda perbaiki dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

Kesalahan Dalam Penggunaan Vlookup

  • Pertama, kesalahan pada range tabel. Beberapa contoh kasus tidak dibuat absolut dengan diberi simbol $. Jika sudah demikian maka data akan bergerak ketika tengah disalin. Sebagai contoh A1:E20 seharusnya dituliskan $A$1:$E$20.
  • Kedua, kesalahan pada format nilai. Di kebanyakan kasus banyak terjadi format nilai pada melookup tidak sama. Misalnya, pada salah satu data memakai format angka sedangkan pada tabel dituliskan dengan format teks. Tentu kesalahan ini dapat mengakibatkan penghitungan nilai menjadi tidak akurat.
Demikian pembahasan ini, semoga ada manfaatnya. Menggunakan rumus Vlookup pada Excel tentu akan memberikan pengaruh positif kepada penggunanya, ia dapat memberikan kemudahan saat sedang mencari data serta pastinya mempercepat proses pengerjaan.
Gambar Gravatar
Saya Kaum Milenial yang suka main game. Bahkan menjadi keseharian. Mengenal blog dan mulai menulis tahun 2009 Namun Berhenti pada tahun 2013. Kini memulai kembali di tahun 2019.