Cara Menjadi Psikolog Handal

Posted on
Cara Menjadi Mahasiswa ProduktifPsikolog adalah salah satu bidang ilmu yang paling banyak di minati mahasiswa sejauh ini. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang masuk ke fakultas Psikolog dari tahun ke tahun, selain itu juga banyaknya mahasiswa yang mencari Cara Menjadi Psikolog melalui situs, ini berbukti di tahun 2019 volume pencarian sangatlah tinggi.
Cara menjadi psikolog
Namun, untuk menjadi seorang Psikolog anda harus mengikuti beberapa mekanisme salah satunya adalah kuliah jurusan Psikolog. Psikolog sendiri adalah mereka yang melakukan praktek Psikolog, yang terdiri dari beberapa spesialisasi atau bidang, meliputi :
  • Psikolog anak
  • Psikolog dewasa
  • Psikolog klinis umum
  • Psikolog industri
  • Psikolog pernikahan dan sebagainya.

Mekanisme Atau Prosedur Menjadi Psikolog

Lantas apa saja mekanisme untuk menjadi seorang Psikolog? Namun, sebelum mengetahui lebih Cara Menjadi Psikolog disini kami informasikan artikel ini hanya mekanisme untuk menjadi Psikolog di Indonesia. Ok simak selengkapnya dibawah ini:

1. Lulus Pendidikan Serjana S1 Psikolog

Lulus Pendidikan Serjana S1 Psikolog adalah salah satu syarat mutlak yang harus anda penuhi, jika anda tidak memiliki gelar serjana Psikolog maka ini adalah hal yang mustahil untuk melanjutkan pendidikan untuk menjadi seorang psikolog.

2. Mengikuti Program Magister Profesi Psikologi (S2 Psikologi Profesi)

Tahap kedua untuk menjadi seorang Psikolog adalah anda wajib mengikuti program magister profesi psikologi (S2 Psikologi Profesi), dengan mengikuti program ini anda akan mendapatkan pembekalan lebih mendalam terkait dengan Psikolog serta juga praktek psikolog 4 hingga 5 semester, seperti :
  • Teknik konseling dan psikoterapi
  • Attitude dan perilaku dalam melakukan praktek psikologi
  • Pembahasan instrumen dan alat tes psikologi secara mendalam

3.  Praktek Kerja Profesi Psikologi

Setelah anda menyelesaikan beberapa mekanisme di atas, anda juga wajib mengikuti program kerja profesi psikologi. Praktek ini secara teoritis hanya memerlukan waktu 1 semester, namun pada prakteknya anda akan memerlukan waktu 2 semester hal ini yang bertujuan agar bisa menyelesaikan semua program tersebut.
Untuk praktek kerjanya sendiri akan disesuaikan dengan jurusan yang anda ambil, seperti Psikolog klinis umum, Psikolog industri, Psikolog anak, Psikolog dewasa dan Psikolog pernikahan dan sebagainya.
Baca Juga

4. Mengikuti Sidang Profesi Oleh HIMPSI

Langkah 4 adalah mengikuti sidang profesi oleh HIMPSI, HIMPSI itu apa? HIMPSI atau Himpunan Psikologi Indonesia merupakan sebuah organisasi yang berhak memberikan pengaturan dan regulasi mengenai tata cara yang berhubungan langsung dengan pendidikan tinggi Psikolog.
Seperti kode etik, wewenang dan lain sebagainya. Tahap akhir anda akan dihadapatkan dengan sidang kusus (dari hasil praktek kerja anda) yang diselenggarakan oleh HIMPSI. Apabila lulus, maka anda dinyatakan sudah layak untuk menjadi seorang psikolog.

5. Mendaftar Keanggotaan di HIMPSI dan Mengurus SIPP

Setelah semua di nyatakan lulus, langkah terakhir anda juga harus Mendaftar keanggotaan di HIMPSI dan mengurus Surat Ijin Praktek Psikologi (SIPP) yang mana surat ini akan di keluarkan oleh HIMPSI itu sendiri. Jika semua mekanisme diatas telah anda penuhi, selamat anda sudah berhasil menjadi seorang psikolog.
Penutup
Itulah Cara Menjadi Psikolog dan beberapa mekanisme yang harus anda lewati. Semua mekanisme yang kami berikan diatas tentu kurang lebih sama diantara fakultas A dan fakultas B dan juga persyaratannya.
Perlu diketahui juga mekanisme cara menjadi Psikolog diatas hanya untuk negara Indonesia, Semoga artikel yang kami berikan ini dapat benar-benar menjadi informasi yang anda butuhkan untuk menjadi seorang Psikolog di Indonesia. Sekian terima kasih.
Gambar Gravatar
Saya Kaum Milenial yang suka main game. Bahkan menjadi keseharian. Mengenal blog dan mulai menulis tahun 2009 Namun Berhenti pada tahun 2013. Kini memulai kembali di tahun 2019.