Cara Mudah Menjadi Blogger Yang Sukses

Posted on
Anda mungkin tertarik membuat blog karena beberapa hal seperti ingin menyalurkan hobi menulis atau ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang di bangun ataupun hal-hal lain. Kami tidak ingin memaparkan cara membuat blog karena itu sangatlah mudah, tetapi membuat blog menjadi besar itu susah.
Untuk itu, kami hanya ingin berbagi pengalaman membangun blog yang perpeluang tinggi untuk sukses. Ok, agar tidak banyak kalimat yang begitu penting simak beberapa poin dibawah ini ya. Baca juga Cara Mendapatkan Uang Dari Google Adsense

1. Tentukan Topik Atau Tema Blog

Mungkin anda berpikir tahap ini sedikit sepele, namun perlu anda ketahu tahap ini sangatlah penting dalam persiapan membuat suatu blog. Kenapa kami mengatakan hal tersebut? Mari kita mencari fakta dari beberapa blog.
Setiap hari setidaknya ada 2,80 juta konten yang di terbitkan dari seluruh dunia. Dan 75% dari blog-blog tersebut hanya mendapatkan trafic atau pengunjung 5.000 perbulan artinya hanya mendapatkan pengunjung kurang lebih 150 perhari.
Lantas apa penyebabnya blog hanya mendapatkan pengunjung seperti diatas?
  • Tema blog tidak menarik
  • Topik blog tidak jelas atau bahkan berantakan
  • Tidak mengusai topik sehingga tidak menghasilak konten yang berkualitas
Jadi bagaimana solusinya? 
Membuat konten yang berkualitas dari blog-blog lainnya, untuk membuat konten yang berkualitas anda wajib menguasai niche blog anda.

2. Memilih Platfom yang Tepat

Hal kedua ini mungkin sedikit lebih mudah daripada poin satu, ada tiga pilihan yang kami rekomendasikan untuk anda platfom yang populer diantaranya :
  • Blogspot — hosted
  • WordPress.com — hosted
  • WordPress.org — self-hosted
Sebenarnya masih banyak platfom tapi kami hanya merekomendasikan yang populer dan untuk lebih mempermudah anda. So, pilihan anda di tangan anda.

3. Memilih Penyedia Hosting dan Domain

Hal ketiga  yang wajib anda perhatikan adalah memilih penyedia hosting dan domain yang tepat, carilah informasi beberapa penyedia hosting dan domain yang berkualitas dan sudah memilih nilai positif dari para klien-nya.
Inilah beberapa penyedia domain dan hosting Internasional yang biasanya direkomendasikan untuk para pemula, diantaranya:
  • Domain: NameCheap
  • Hosting Indonesia: Niagahoster (gratis domain)
  • Hosting internasional: BlueHost atau HostGator
Catatan : Kalau anda ingin membuat blog berbahasa Inggris gunakanlah penyedia hosting dan domain Internasional.
4. Menentukan Nama Domain
Nama domain ini memiliki pengaruh besar untuk blog anda, kenapa? karena domain akan selalu melekat pada blog anda. Meskipun nama domain bisa di ganti sewaktu-waktu namun hal ini bisa menjadi fatal akibatnya.
Oleh karena itu sebaiknya tentukan nama domain matang-matang sebelum anda memutuskan nama domain yang tepat, setidaknya ada 5 hal yang harus anda perhatikan sebelum menentukan nama domain, seperti :
  • Hindari nama domain yang mirip dengan website populer seperti Tribun, Detik, Kompas dan lainnya.
  • Sesuaikan dengan topik blog anda.
  • Mudah ditulis, diingat, dan diucapkan
  • Sebisa mungkin gunakanlah nama domain yang telah populer seperti .COM .NET & .ID
  • Hindari tanda strip/minus (-) dan angka
5. Eratkan Hubungan dengan Pembaca
Agar pembaca senang dan ingin selalu membaca tulisan anda. Anda harus menjadi tuan rumah yang responsif terhadapat pembaca. Pembaca akan merasa senang jika anda membalasa komentar-komentar yang mereka luncurkan.
Dengan melakukan hal ini akan memberikan kesan bahwa anda seorang author yang ramah dan menyenangkan hingga mereka menjadi betah dan bolak balik ke blog anda. Dan lebih menyenangkan lagi saat mereka selalu menanti updata konten dari blog anda.
Penutup
Menjadi seorang blogger yang sukses memang memerlukan usaha yang maksimal, jika anda melakukan semua dengan konsisten maka di pastikan anda akan mendapatkan apa yang anda kejar. Terima kasih sudah berkunjung.
Gambar Gravatar
Saya Kaum Milenial yang suka main game. Bahkan menjadi keseharian. Mengenal blog dan mulai menulis tahun 2009 Namun Berhenti pada tahun 2013. Kini memulai kembali di tahun 2019.