Benarkah Pernapasan Ces Ilmu Tenaga Dalam nya PSHT

Posted on

Benarkah Pernapasan Ces Ilmu Tenaga Dalam nya PSHT – Akhir-akhir ini kita sangat banyak melihat postingan ataupun video di YouTube mereka memamerkan sebuah atraksi pemecahan benda keras. Dari cara memecahkan bata merah, Batako, Bata ringan, Besi, Gorong-gorong Sampai memecahkan Tumpukan es batu.

Sejarah PSHT

Pernapasan Ces PSHT
Menurut Orang yang tidak tau seluk beluk dari organisasi PSHT mereka menganggap bahwa itu adalah Tenaga Dalam yang di ajarkan PSHT.

Dalam perjalanan organisasi Pencak silat PSHT tidak pernah mengajarkan suatu ilmu yang beraliran dengan tenaga dalam. Pada hakikatnya secara garis besar tujuan PSHT adalah mendidik manusia berbudi luhur tau mana yang benar dan mana yang salah. Serta menuntut ikut serta dalam menjaga atau melestarikan semesta alam ini atau sering kita dengar dengan nama memayungi Hayuning Bawono.

Kita sebagai warga PSHT juga pernah mendengar ultimatum R.M Imam Koesoepangat bahwa ajaran yang merusak itu bukanlah ajaran PSHT. Sehingga apapun yang merusak tentu itu bukan ajaran PSHT.

Baca Juga Ciri Ciri Warga PSHT

Apakah Di PSHT Ada Tenaga Dalam

Banyak orang awam menilai setiap pencak silat memiliki ilmu Tenaga dalam ataupun memiliki isian dan lain-lain. Tapi ajaran dari PSHT sangatlah berbeda. Dalam pelajaran PSHT selain ajaran bela diri, Para anggotanya juga diajarkan untuk mendekatkan diri kepada Yang maha kuasa.

Jauh dari apa yang orang awam pikirkan. Di PSHT di ajarkan tentang kedekatan diri kepada Yang maha esa, Diajarkan untuk mencari siapa jati diri anggotanya sebenarnya.

Dari proses latihan itulah maka anggota PSHT tercetak menjadi pendekar yang bisa di andalkan guna bisa berguna untuk Agama, keluarga, bangsa juga diri sendirinya.

Baca Juga  Kata Kata Mutiara Dan Falsafah PSHT dan Artinya

Bagaimana Dengan Pernapasan Ces

Pernapasan ces bukanlah sebuah ajaran tenaga dalam yang di ajarkan oleh pelatih PSHT. Pernapasan ces hanyalah secuil dari pada menuju proses ke jati diri masing-masing.

Baca Juga Kata Kata Mutiara PSHT

Semua saja bisa mempelajarinya namun seiring berkembangnya apa yang dipelajari tentu itu hanyalah secuil dari apa yang ada di gudang pelajaran PSHT. Jadi Ces bukanlah sebuah ajaran pernapasan Tenaga Dalam PSHT. Namun hanya sebuah pembelajaran. Ibaratnya kita masuk TK Belajar untuk menulis. Setelah bisa belajar, Ada orang yang bangga dan sombong bahwa ada yang bisa menulis. Atau ada yang orang terus belajar menulis agar bisa menjadi karya agar berguna bagi orang lain.

Pesan saya Pernapasan ces bukan ajaran resmi PSHT. Hanya sebuah pelajaran kita menuju jalan proses dimana kita akan berjalan nanti kelak. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dibawah.

Gambar Gravatar
Saya Kaum Milenial yang suka main game. Bahkan menjadi keseharian. Mengenal blog dan mulai menulis tahun 2009 Namun Berhenti pada tahun 2013. Kini memulai kembali di tahun 2019.